12/18/2013

The 7 Habits of Highly Effective Teens

7 Kebiasaan Remaja yang Sangat Efektif
Di atas adalah judul dari buku yang sedang saya baca. Baru senin (16 Desember 2013) saya membelinya di salah satu toko buku di daerah Kwitang. Dan Alhamdulillah, buku ini satu-satunya di toko buku tersebut. Jadi beruntunglah saya bisa membelinya, walaupun harus menegeluarkan uang lebih. Namun Insya Allah buku ini akan menjawab kurang konsistennya saya selama ini. Kurang konsisten dalam menjalankan sesuatu yang sudah di rencanakan. Sebagai contoh, dulu saya pernah berniat menghafalkan Al Qur`an satu hari satu halaman, sudah disiapkan rancanya, sampai tanggal-tanggalnya. Namun rencana tinggal rancana. Dan saya lupa di mana rencana tersebut.
Langsung saja, buku ini adalah salah satu buku terlaris di USA, yang mana di tulis oleh Sean R Covey, yang mana buku ini didasarkan pada buku karya Stephen R Covey ( ayah Sean) dengan judul yang hampir sama (buku terlaris juga), hanya saja  Sean lebih mengarah kepada remaja dengan bahasa yang lebih cocok dengannya, sedangkan ayahnya memakai bahasa untuk orang dewasa.
Buku ini lebih mengajarkan kepada remaja bagaimana sukses dengan kebiasaan (baik) yang ia lakukan. Dan merubah pola pikir remaja yang mempunyai kebiasaan buruk untuk berubah menuju kebisaan yang baik. Dan semuanya dilakukan dengan selangkah demi selangkah. Karena itu di setiap akhir dari suatu bab, disitu diajarkan langkah-langkah kecil yang harus dilakukan ketika itu juga, yang dia sebut sebagai langkah-langkah bayi.
Oke, mungkin buku ini lumayan mahal ( 95 ribu HC). Namun insya Allah berfaedah bagi saya. Walaupun ada hal-hal yang tidak berbau islami ( Sean banyak memeberikan contoh kehidupan yang ada disekitarnya). Minimal kita berusaha menqiyaskan ke hal-hal yang baik dalam koridor islam.
Dan semoga Allah memberi taufik kepada saya untuk memulai langkah-langkah bayi ini, agar konsisten dengan apa yang sudah direncanakan.
Ringkasan Buku:
-          Pesiapan: Latihlah Kebiasaanmu (yang baik),
-          Mulailah bercermin atau mawas diri
-          Kebiasaan 1: Jadilah Proaktif
-          Kebiasaan 2: Mulailah dengan mengingat Tujuan Akhirmu
-          Kebiasaan 3: Dahulukan yang utama
-          Kebiasaan 4: berpikir Menang/menang
-          Kebiasaan 5: Berusahalah untuk memahami terlebih dahulu, baru dipahami
-          Kebiasaan 6: Wujudkan Sinergi
-          Kebiassan 7: Asahlah gergajimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar