10/11/2013

Belajar & Mengajar

الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله، أما بعد:
Belajar sesuatu yang bermanfaat, bermanfaat di dunia, tentunya juga bermanfaat bagi akhirat kita. Kegiatan belajar  sudah dimulai dari sejak kita lahir di dunia ini,. Mulai dari belajar mengenal suara ibu kita, kemudian mengenal orang-orang di sekitar kita, belajar mendengarkan, menirukan dan seterusnya yang tentunya bermanfaat.
Kegiatan belajar diteruskan di bangku sekolah dari tingkat dasar hingga tingkat menengah atas. Dan bagi yang mempunyai kesempatan maka dilanjutkan di jenjang kuliah, atau kursus-kursus.  Kegiatan belajar juga dilakukan diluar sekolah, seperti mengaji,  tentunya belajar hal-hal yang bermanfaat.
Masing-masing dari kita mempunyai motivasi dari kegiatan belajar ini, ada yang karena dunia, alangkah indahnya apabila motivasinya akhirat. Baik motivasi yang sederhana maupun yang rumit, semua berusaha untuk mewujudkannya. Semua jalan ditempuh, dan tidak semua orang bisa mencapainya, seperti kata al Mutanabbi:
ما كل ما يتمناه المرء يدركه                            تجري الرياح بما لا تشتتهي  السفن
Tidak setiap yang dia angan-angankan seseorang itu akan dicapainya,
Sebagaimana angin berhembus tak sesuai dengan keinginan nahkoda kapal.
Ya, kita hanya bisa berusaha untuk mencapai takdir kita, kemudian berdoa dan menyerahkan semuanya ke Allah Ta`ala.
Kegiatan belajar kadang menyenangkan, kadang juga membosankan, semua tergantung motivasinya. Tergantung keinginan yang ingin dia capai. Kegiatan belajar kadang muudah kadang juga sulit, tergantung motivasinya, keinginannya dan juga kesukaannya. Berapa banyak  siswa yang kesulitan belajar matematika, karena memang tidak suka  dan juga tidak punya motivasi. Tapi terkadang semua tak sesuai keinginan kita.
Yang penting kita tidak jenuh untuk terus belajar, terutama belajar agama, yang akan bermanfaat bagi masa depan akhirat kita, tentunya dunia insyaAllah akan tercapai juga. Tapi harus kita ingat, ketika kita melakukan semua ini harus disertai rasa ikhlas karena Allah. Iringi kegiatan belajar kita dengan motivasi mengangkat kebodohan yang ada pada diri kita, dan juga orang-orang sekitar kita,
اعملوا فكل ميسر لما خلق له
"BERAMALLAH KALIAN, karena setiap orang dimudahkan menuju tujuan ia diciptakan" (HR. Bukhori dan Muslim).
Bersambung insyaAllah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar